Wednesday, February 23, 2005

Resign : How To

Compiled from pengalaman, saran temen dll...

A. Nentuin pilihan
1. Tulis alasan pro kontra kenapa mau resign, hitung bobotnya
2. Tentukan pilihan
3. Simpen kertas tempat nulis pro kontra tadi, kalo ragu/nyesel bisa di liat lagi

B. Pas bilang
4. Bikin surat resign yang bagus dengan alasan dan transition time yang jelas
5. Kasi ke HRD ato supervisor dalam bentuk hardcopy dan cari momen yang tepat (jangan pas bos baru sampe atu pas muka keliatan mumets)
6. Kalo ada alasan yang ga pengin di tulis di surat, jangan bilang kalo ga di tanya
7. Keluarin kata2 taktis dan diplomatis
8. Kurangi level menyerang orang ato organisasi
9. Bikin percakapannya se-informal dan se-friendly mungkin
10. Kasi tau apa yang bikin berat mutusin pindah
11. Tekankan bahwa lo bakal selesein kewajiban2 lo selama masa transisi

C. Pas masa transisi
12. Kerjain utang2 kerjaan sebelom bener2 pindah
13. Habisin waktu sama2 sebanyak mungkin dengan temen2 lo sekantor, jalan2 ke tempat yang lebih jauh, kapan lagi?
14. Tanya orang2 yang bakal ngelanjutin kerjaan lo, apa aja yang mereka butuhin
15. Kalo mereka juga ga tau, bikin catatan ato dokumentasi kerjaan lo udah sampe mana, sweat the details, they're gonna need it.
16. Hari terakhir, foto2, becanda yang banyak, beli makanan yang agak beda, makan bareng2 temen2 di kantor

^__^ v

0 Comments:

Post a Comment

<< Home